Sunday, January 25, 2015

Tips Mengolah Kacang Merah

http://www.royco.co.id/Images/1058/1058-812368-mei-2-gede.jpg


Salah satu bahan  yang kerap dijumpai pada sayur asem adalah kacang merah. Kacang jenis ini tidak hanya memperkaya sayur asem yang Anda sajikan, tapi juga menambah nilai gizinya. Kandungan protein, zat besi, thiamin, mangan, serta nutrisi lainnya pada kacang merah tentu memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda.
Tapi, karena kacang merah membutuhkan waktu yang lama untuk diolah, maka harus direndam dulu sebelum dimasak. Proses perendaman ini dilakukan untuk mengurangi waktu masak. Selain itu, proses perendaman juga membantu menghilangkan kandungan gas dalam kacang merah, sehingga menurunkan risiko masalah sakit perut atau buang angin yang kadang terjadi setelah mengonsumsi kacang merah.
Ada beberapa cara perendaman kacang merah yang bisa Anda lakukan. Anda bisa merendam kacang merah selama 8 jam hingga semalaman dalam air dingin. Ketinggian air rendaman biasanya sekitar 5 cm di atas permukaan kacang merah. Kalau Anda tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa merebus kacang merah hingga mendidih selama sekitar 2 menit. Setelah itu, matikan api dan biarkan kacang merah terendam di air panas dalam panci tertutup selama sekitar 1 jam. Cara kedua memang lebih cepat, tapi juga beresiko karena dapat merusak butiran kacang merahnya.
Setelah direndam, barulah kacang merah bisa dimasak sesuai kebutuhan. Yang perlu Anda perhatikan adalah kacang merah mengandung racun alami bernama lectin yang bisa menyebabkan muntah dan sakit perut. Tapi, racun ini akan hilang dengan sendirinya bila dimasak dengan baik. Karena itu, pastikan Anda memasak kacang merah hingga matang sempurna, ya. Caranya, rebus kacang merah yang telah direndam hingga mendidih selama setidaknya 10 menit. Setelah itu, kecilkan api dan terus rebus kacang merah selama 45-60 menit hingga kacang merah melunak.
Salah satu resep sayur asem yang menggunakan kacang merah adalah resep Sayur Asem Pedas Ikan Peda ala Royco. Dengan kacang merah yang diolah dengan tepat, Sayur Asem Pedas Ikan Peda buatan Anda pun akan menjadi semakin nikmat.
Sumber:
http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=87
http://www.nhs.uk/Livewell/Goodfood/Pages/pulses.aspx
http://www.eatingwell.com/healthy_cooking/healthy_cooking_101/shopping_cooking_guides/bean_cooking_guide?slide=3
http://www.mayoclinic.org/healthy-living/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/legumes/art-20044278?pg=1










No comments:

Post a Comment