Monday, January 19, 2015

Homemade Acar Sawi (Sawi Asin)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0_-e3jJpk8KJeKeq7jrKFtTSubfN-aaaxPkRY7L2eCE3LUoEfPGiu2inm8D_XXttpZ1OpCQBChW_vxrRyQ_Mz_VGSA6-1J_3pIVUfSZTbM8sMBNdkVuZr9IB3sRgrn_B-ZGuF_-1cTQEF/s1600/sawi+asin+12.JPG
Bahan:
- 2 batang sawi pahit berat masing-masing sekitar 300 gram

Bahan larutan rendaman:

 - 650 ml  air matang


- 3 sendok makan garam = 51 gr
- 200 gram gula pasir
- 125 ml cuka masak

Cara membuat:


Belah tanaman dari bagian pangkalnya menjadi 2 bagian. Siapkan air di baskom/ember, rendam tanaman selama 15 menit dan cuci bersih.

Siapkan panci, isi air yang banyak dan rebus hingga mendidih. Masukkan sawi dan rendam selama 1 menit, balik-balikkan sayur selama proses blanching. 

 
Angkat sawi dan masukkan ke dalam baskom berisi air dingin. Redam sawi selama 2 menit. 


Selama sawi direndam di air dingin, siapkan larutan cuka dengan memasukkan semua bahan ke sebuah wadah. Aduk hingga larut.

Angkat sawi, tiriskan. Peras air yang melekat di sayur. Tata sayur di wadah yang memiliki tutup atau toples kaca, saya menggunakan kotak plastik. Jika anda menggunakan rajangan cabai, bawang putih dan jahe, maka masukkan juga bahan-bahan tersebut pada tahap ini.


Siram dengan air larutannya hingga sawi tertutup air. Tutup wadah dan simpan dikulkas.

Note: Sawi harus terendam air, jika air kurang maka anda harus membuat air larutannya dengan takaran disesuaikan dengan kebutuhan. 

Acar sawi siap dalam waktu 3 hari dan harus selalu disimpan di dalam kulkas. Acar sedap dimakan begitu saja atau digunakan dalam masakan sebagaimana sawi asin lainnya. Super yummy!


Read more at
http://www.justtryandtaste.com/2015/01/homemade-acar-sawi.html
 





No comments:

Post a Comment