Saturday, December 27, 2014

Cara Pembuatan kacang oven

Persiapan Alat :
http://media4.popsugar-assets.com/files/2013/09/12/038/n/1922729/b26dcd84e94013a1_dry-roasted-peanuts.xxxlarge/i/Savory-Planters-Dry-Roasted-Peanuts.jpg
1.    Baskom
2.    Tampah
3.    Oven
4.    Blender

Persiapan bahan :

1.    Kacang tanah kupas 1 kg
2.    Bawang putih ¼ kg
3.    Garam 3 sendok makan


Cara pengolahan :
Pilih kacang tanah yang baik. Kacang tanah yang baik adalah kacang tanah yang memiliki kenampakan yang bersih (tidak berjamur dan tidak cacat). Jika ditemukan kacang tanah yang cacat atau berwarna hitam atau berjamur, sebaiknya tidak digunakan.
Jemur kacang tanah selama sehari. Hal ini penting dilakukan agar kacang oven lebih tahan lama dan dapat mengurangi bau apek.
Cuci kacang tanah hingga bersih.

  1. Haluskan bawang putih dan garam dengan blender. Campurkan bawang putih yang telah dihaluskan pada kacang tanah hingga merata. Anda dapat memodifikasi bumbu menurut selera Anda. Bumbu variasi : bawang, ketumbar, jintan etc
  2. Pertama tama kita lakukan perebusan kacang tanah didalam panci selama kurang lebih 20-30 menit. Selama proses perebusan berlangsung tambahkan garam dapur sekitar 5-10 % dari berat kacang tanah, pengasinan yang maksimal sebaiknya air yang digunakan untuk merebus di kurangi terlebih dahulu. Dan selanjutnya panci diangkat dari atas api. Biarkan rebusan kacang tetap didalam panci hingga cukup dingin, dan apabila telah dingin langsung kacang rebusan langsung ditiriskan.
  3. Selanjutnya kacang tersebut dilakukan pengeringan di bawah sinar matahari hingga diperoleh kekeringan yang optimal baik kulit maupun bijinya, Dan bila dilakukan pengeringan dengan menggunakan oven dapat menggunakan suhu antara 60-75 derajat celcius.
  4. Selanjutnya dilakukan pengovenan kembali selama 15-20 menit guna mengurangi kadar air yang masih tertinggal. Pada saat dilakukan penjemuran dan proses pengovenan berlangsung kacang tanah sebaiknya sering di bolak balik dengan menggunakan pengaduk dari kayu, agar tingkat kekeringannya merata.
Catatan dari Wikipedia :
  • Kacang tanah direndam bersama air yang telah dibumbui hingga bumbu meresap. Pemanggangan dilakukan dengan loyang datar yang telah dialasi kertas anti lengket.
  • Pemanggangan pertama dilakukan dengan suhu 90 derajat Celcius selama 45 menit, sambil dibolak balik hingga matang dan berwarna kecokelatan. 
  • Setelah dikeluarkan dari oven, pemanggangan kedua dilakukan dengan suhu 50 derajat Celcius.

Setelah dioven kacang tanah tersebut diangin-anginkan diatas para-para, setelah kacang tanah sudah dingin betul barulah dilakukan pengemasan atau packing dengan menggunakan bahan plastic polietilen dan ukurannya disesuaikan dengan permintaan pasar.
 

Sumber :
http://bisnisukm.com/kacang-oven-yang-renyah.html

http://bpkaliori.blogspot.ca/2013/04/teknologi-pengolahan-kacang-tanah.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Kacang_oven

1 comment:

  1. Perkenalkan,
    Yaswan Jaya Machinery adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan jasa. Dan dengan pengalaman kami sejak 2008 sampai sekarang di bidang mesin maka, kami dapat dipercaya beberapa perusahaan amdk untuk supply mesin cup dan water treatment.
    Kami menyediakan Mesin Portable Vacuum Sealer P-290
    Spesifikasi :
    Model : P-290
    Sumber daya : 120 / 220V 50 / 60Hz
    kekuatan : 220 W
    Waktu Seal : 1.5 ~ 15 Sec
    Waktu Vacuum dan Seal : 6 ~ 12 Sec
    Tekanan Vacuum : 0.080 MPa
    Ukuran Mesin : 390 x 148 x 72mm
    Berat Mesin : 1.93 Kg
    Beli 1 Vacuum = 1.550.000
    Beli 2 Vacuum = 1.350.000/per mesin
    READY STOCK...
    Khusus pembelian 2 Vacuum Sealer mendapatkan Harga Grosir
    Untuk pembelian 1 Vacuum Harga NORMAL
    Untuk informasi dan pemesanan silahkan menghubungi Contact person kami
    Ibu Meisya : 081.333.117.597
    Ayo Buruan beli...
    Mumpung barang lagi READY dan ada harga potongan jika Anda beli 2

    ReplyDelete