Wednesday, December 3, 2014

Garam Masala

Garam masala! Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata tersebut? Apakah sejenis garam? Ternyata tidak. Garam masala adalah bumbu rempah-rempah khas india yang ternyata tidak berasa, melainkan memiliki aroma yang tajam. Sebenarnya, garam masala terbuat dari berbagai macam rempah-rempah (7 sampai 15 macam bumbu rempah) seperti, jinten, kapulaga, kayu manis, kemiri, ketumbar, fuli, bunga pekak, bunga lawang, cengkeh, biji pala, lada putih, kunyit, cabai, paprika, daun salam, kunyit, jahe, dan sebagainya. Berbagai macam rempah tersebut dijadikan bubuk dan dicampur menjadi satu yang akhirnya sering kita sebut sebagai garam masala.
Asal muasal garam masala sendiri dikarenakan cita rasa orang india yang menyukai berbagai macam aroma yang tajam didalam sebuah masakan, sehingga dicipitakanlah garam masala. Selain sebagai bumbu masakan, ternyata garam masala juga memiliki banyak manfaat seperti menambah nafsu makan untuk anak-anak, menghangatkan tubuh, menjaga daya tahan tubuh, mencegah masuk angin, menyembuhkan penyakit asma, mencegah asam lambung, dan menurunkan kolesterol.
 
Keunikan lain nya dari garam masala ini adalah cara menggunakan nya yang berbeda dengan bumbu-bumbu lain. Walaupun berasal dari bahan yang sama, penggunaan garam masala ini digunakan ketika tengah memasak ataupun di akhir saat masakan hampir matang. Berbeda dengan bahan-bahan yang biasa kita gunakan di awal ketika memasak. 
 
Untuk penggunaaan garam masala di indonesia ini bisa dibilang masih sedikit penggunaan nya. Karena mungkin, selera orang indonesia masih sedikit berbeda dengan selera orang india. Sehingga belum banyak orang yang minat untuk menggunakan garam masala sebagai bumbu masakan di indonesia.

source:
 http://chefholic.blogspot.ca/2014/02/garam-masala.html




No comments:

Post a Comment