Saturday, December 20, 2014

Tumis Daun Pepaya Campur Rebon Istimewa

 

http://sharingdisini.com/wp-content/uploads/2012/12/oseng-pepaya1.png

 

Bahan-bahan :

  • 200 gram daun pepaya yang masih muda
  • 1 ikat kecil daun singkong yang muda
  • 150 gram bunga pepaya
  • 3 sdm minyak (untuk menggoreng)

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 3 cm jahe
  • 1 sendok teh garam

Bahan tambahan :

  • 1 sendok teh gula pasir
  • 3 batang serai (diiris tipis pada bagian putih)
  • 7 lembar daun jeruk (dibuang tulang daunnya lalu iris tipis)
  • 50 gram udang rebon (seduh dengan air panas dan tiriskan)
  • 100 ml air

Cara membuat Tumis Daun Pepaya Campur Rebon Istimewa :

  1. Rebuslah daun singkong, daun pepaya muda dan bunga pepaya dalam tempat terpisah dengan diberi sedikit garam hingga empuk. Angkat jika sudah cukup, lalu saringlah. Peraslah daun singkong dan daun pepaya yang sudah direbus, lalu iris-iris tipis.
  2. Panaskanlah minyak, lalu tumislah bumbu yang telah dihaluskan bersama serai, dan daun jeruk hingga matang dan harum. Masukkanlah udang rebon yang sudah disiapkan lalu Tambahkanlah air, masak dan aduk-aduk  sampai udang rebon matang. 
  3. Masukkan daun singkong, daun pepaya muda, dan bunga pepaya yang sudah direbus. Kecilkan apinya, lalu aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Segera angkat dan sajikan bersama dengan nasi putih panas atau hangat.

 

 

sumber:

 

http://www.menuinternasional.com/2013/06/cara-membuat-tumis-daun-pepaya-campur.html

http://sharingdisini.com/2012/12/17/6-cara-menghilangkan-pahit-daun-pepaya/

 

 

6 Cara Menghilangkan Pahit Daun Pepaya

 

Daun pepaya memang rasanya pahit karena kandungan getahnya yang cukup banyak. Jika tidak dapat mengolahnya dengan benar, rasa pahit ini akan tetap bertahan dan beberapa orang mungkin merasa terngganggu, bahkan terkadang menghilangkan selera untuk mengkonsumsinya. Namun jangan khawatir, Berikut Sharing di Sini 6 Cara Menghilangkan Pahit Daun Pepaya, agar nikmat dihidangkan.

1. Tanah Liat

Cara ini adalah cara konvesional yang umum dilakukan ibu-ibu sejak jaman dahulu. Caranya dengan mencampur rebusan daun pepaya bersama tanah liat yang dapat peroleh dari tegalan atau kebun. Setelah empuk, cuci kembali daun pepaya tersebut hingga bersih dan sisa-sisa tanah liat hilang.

2. Daun Jambu Biji

Siapkan beberapa lembar daun jambu biji, rebus bersama daun pepaya hingga mendidih. Tiriskan dan ulangi rebusan sekali lagi. Meski kurang praktis, cara ini dapat mengurangi rasa pahit pada daun pepaya.

3. Daun Jambu Mete

Caranya dengan mencampur dan merebus kedua jenis daun tersebut secara bersamaan. Tunggu sampai mendidih, lalu tiriskan, dan pisahkan kedua daun tersebut.

4. Daun Singkong

Caranya campur daun pepaya dan daun singkong. Direbus bersama sampai mendidih. Tiriskan dan pisahkan antara daun pepaya dan daun singkong. Namun,  ada juga yang mengonsumsinya bersamaan, yakni dengan tanpa dipisahkan/membiarkan daun singkong menyatu dengan daun pepaya. Rasanya pun unik, gabungan antara daun pepaya yang tekstur seratnya lebih kasar, dan daun singkong tekstur seratnya lebih lembut.

5. Garam Kasar

Ambil segenggam garam kasar, remas -remas daun pepaya hingga layu bersama air garam.  Lalu  cuci bersih daun pepaya yang akan diolah. Rebus hingga mendidih dan tiriskan, maka Sista akan memperoleh daun pepaya yang berkurang rasa pahitnya. Cara ini sama halnya untuk menghilangkan pahit pada pare.

6. Meremas dan Mencuci Ulang

Cara lain yang lebih praktis yaitu dengan remas-remas daun pepaya hingga getahnya keluar. Setelah itu, siram dengan air kran (air mengalir kecil) sambil terus diremas hingga air remasannya tidak berwarna hijau lagi, dan daun menjadi layu. Daun pepaya pun siap untuk diolah menjadi masakan favorit.

Jika diolah dengan benar, daun pepaya dapat menjadi masakan favorit keluarga yang membangkitkan selera makan. Selain itu, manfaat gizinya untuk kesehatan juga tak perlu diragukan lagi. Jadi, selamat mencoba ya.[e_SdS]

No comments:

Post a Comment